CRUD adalah kepanjangan dari Create(Membuat), Read(Membaca), Update(Mengubah) dan Delete(Menghapus) Sebelum memulai membuat CRUD pada Dreamweaver, pastikan xampp untuk modules svc apache dan module svc mysql running. Langkah kedua, buat database baru dengan nama tkj. Kemudian kita buat table yang bernama “siswa” dengan field 5 yaitu nis, nama, jk, kelas, alamat Pembuatan database selesai, kemudian kita buat folder di C/xampp/htdocs/tkj Kemudian buka dreamweaver, klik Site – New site. (lihat gambar). Pada Menu Site, kita hanya mengatur Site name : tkj (nama sesuai dengan folder yang kita buat) Local Site Folder : C:\xampp\htdocs\tkj\ (pilih lokasi tempat menyimpan folder)

Setelah selesai setting di menu site, pindah ke menu servers. Klik tanda + (add new server), pada Tab Basic ubahlah seperti gambar berikut

Kemudian ke tab Advanced, ganti Server Mode dengan PHP MySQL - Save

Setelah di save muncul tampilan, dan beri tanda centang pada Testing - Save.

Setelah itu, Klik windows – Database Buatlah koneksi.Caranya, klik tanda + yang ada di pojok (lihat tanda)

Pilih MySQL Connection, kemudian isikan seperti gambar berikut

Pembuatan koneksi sudah selesai, maka kita mulai menggunakan tool – tool dalam dreamweaver untuk CRUD (Create, Read, Update, Delete) Index atau tampilan awalnya Buatlah file baru dengan nama index.php dan buatlah tulisan “Welcome To TKJ” (tulisan bisa diganti) Create Setelah itu, buat file baru dengan nama addsiswa.php. Kemudian Klik Insert – Data Objects – Insert Record – Record Insert From Wizard.

Muncul tampilan, dan ubahlah seperti ini.

Dan setelah di klik Ok, maka akan muncul tampilan berikut

Pindah lagi ke file index.php. Buat tulisan “Tambah Siswa” dan linkan dengan addsiswa.php (Cara membuat link : blok Tambah Siswa, klik kanan dalam blok – Make Link – Pilih file addsiswa.php – Ok) Coba buka di browser, maka akan muncul tampilan berikut :

Proses Create sudah selesai Read Setelah itu, buat file baru dengan nama viewsiswa.php Buatlah Recordset terlebih dahulu, klik insert – Data Objects - Recordset

Ganti tampilan seperti berikut - Ok

Setelah recordset sudah dibuat, maka dilanjutkan dengan membuat dynamic table. Klik Insert – Data Object – Dynamic Data – Dynamic Table.

Muncul tampilan berikut – Ok.

Tampilan setelah di oke pada dreamweaver adalah seperti berikut.

Tapi kita masih perlu 2 kolom untuk edit dan delete, maka tambah 2 kolom lagi, sehingga menjadi seperti berikut.

Selanjutnya, buatlah file baru dengan nama deletesiswa.php. Pada file deletesiswa.php klik insert – Data Object – Delete Record.

Setelah itu klik Ok

Setelah itu, buatlah file baru dengan nama editsiswa.php. Pada file editsiswa.php buatlah recordset terlebih dahulu. Klik insert – Data Object – Recordset.

Klik insert – Data Object – Update Record – Record Insert From Wizard.

Ganti tampilan seperti berikut

Setelah itu, buka file viewsiswa.php. Buatlah link pada edit dan delete Pertama, buatlah link di edit. Blok tulisan edit – klik kanan dalam blok – make link – klik parameters.

Setelah itu pada name isikan yang menjadi primary key (nis) dan klik yang seperti gambar petir

Setelah selesai membuat link di edit, buat link pada delete (caranya sama seperti pada edit). Coba buka di browser.

340258842-Cara-Membuat-CRUD.pdf

Setelah itu, Klik windows – Database. Buatlah koneksi.Caranya, klik tanda + yang ada di pojok (lihat tanda). Pilih MySQL Connection, kemudian isikan seperti ...

417KB Sizes 2 Downloads 193 Views

Recommend Documents

No documents