Forum Group Discussion Narasumber

: Sabarita Ellyanti, S.Pd.

Pendidikan

: IKIP Negeri Medan (UNIMED)

Profesi

: Guru SMAN 1 Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis

Tema

: Inovasi Pendidikan

Tempat

: Via Telepon

Waktu

: Minggu, 11 Juni 2017

HASIL WAWANCARA Berdasarkan hasil wawancara yang saya lakukan dengan guru di SMAN I Siak kecil, ibuk Sabarita Ellyanti mengenai inovasi pendikan matematika terdapat beberapa hal yang bisa diambil, yaitu pembelajaran matematika yang dilakukan ibuk Sabarita dikelas beserta trik-trik yang dilakukan saat mengajar. Ibuk Sabarita juga mengemukakan inovasi pendidikan matematika yang diharapkannya serta kebutuhan bagi guru-guru matematika didalam mengajar. Pembelajaran matematika yang dilakukan ibuk Sabarita dikelas adalah biasanya dilakukan dengan memberikan materi singkat yang beliau jelaskan. Setelah materi diberikan, ibuk Sabarita memberikan soal-soal yang dikerjakan siswa secara berkelompok. Didalam kelompok itulah siswa berdiskusi mengenai soal yang diberikan. Selanjutnya Ibuk Sabarita memberikan soal kuis sebagai penilaian dan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswanya. Didalam pembelajaran dikelas, Buk Sabarita menemukan bahwa siswa-siswanya tidak merasa bosan dengan pelajaran matematika. Ia mengatakan bahwa siswanya sering tidak sadar bahwa jam pelajaran matematika sudah habis dan waktu belajar matematika dikelas terasa kurang. Ini menunjukkan bahwa siswa-siswi yang diajarkannya memiliki minat yang tinggi terhadap pelajaran matematika.

Tingginya keinginan siswa dalam mempelajari matematika tidak terlepas dari kiat-kiat ataupun trik-trik mengajar yang dilakukan oleh guru. Misalnya, Ibuk Sabarita disaat mengajar sering membuat kelompok diskusi untuk membahas soal-soal. Pemilihan anggota kelompok dilakukan secara heterogen. Dikelompok itulah siswa saling berdiskusi, siswa yang sudah paham diberi kewajiban untuk menjelaskan kepada anggota kelompoknya yang belum paham. Dengan cara ini, siswa bisa memahami pelajaran lebih santai karena dijelaskan sendiri oleh temannya. Selanjutnya, setelah semua anggota kelompok paham barulah diberikan soal-soal kuis yang berkaitan dengan materi. Jika dilihat cara Ibuk Sabarita mengajar, dia sering menggunakan metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions). Banyak hal yang ditemukan oleh Buk Sabarita selama pembelajaran matematika. Salah satunya ialah hal positif dari pembelajaran matematika itu sendiri. Menurutnya, pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang mengangkat kehidupan sehari-hari. Sehingga disaat dia mengajar, langkah awal yang dialakukan adalah memanggil kehidupan siswa untuk masuk kedalam dunia matematika. Selain itu, matematika menurutnya ialah ilmu yang melatih pola pikir untuk bisa menganalisa permasalahan-permasalahan. Sehingga kita bisa terlatih untuk menganalilsa setiap masalah, termasuk masalah kehidupan serta membuat kita tidak berputus asa dan tidak mudah terprovokasi. Disamping hal-hal positif yang dirasakan oleh Buk Sabarita, ternyata ia juga menemukan suatu masalah didalam pembelajaran matematika terutama pada siswa yang diajarkannya. Ia mengharapkan agar terbentuk inovasi untuk tidak lagi membiasakan siswa menggunakan alat bantu hitung disaat pelajaran matematika, terutama dalam perhitungan yang sederhana. Masalah yang ia temui adalah kurangnya kemampuan berhitung dari siswanya. Ia mengatakan bahwa siswa SMA yang dia ajar masih sulit untuk melakukan perhitungan sederhana, ini karena siswa lebih suka menggunakan alat bantu didalam perhitungan. Jadi, Buk Sabarita mengharapkan mulai saat ini jangan membiasakan anak-anak untuk menggunakan alat bantu hitung didalam pembelajaran matematika. Penggunaan alat bantu hitung memang mempercepat perhitungan. Namun, menurut saya kebiasaan menggunakan alat bantu bisa membuat siswa malas dan kemampuan berhitung siswa menurun. Seperti yang kita ketahui, perhitungan merupakan salah satu hal yang paling dominan dalam matematika. Jika kemampuan berhitung rendah, otomatis pembelajaran matematika sangat tergangu.

Baik atau tidaknya pembelajaran yang berlangsung, tidak terlepas dari sosok seorang guru. Menurut Ibuk Sabarita, guru yang baik itu adalah guru yang menyadari bahwa tidak ada siswa yang bodoh. Tugas guru adalah menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada pada siswa, kerana setiap siswa memiliki potensi kelebihan masing-masing. Guru juga tidak boleh menyalahkan lingkungan serta siswa yang tidak paham terhadap materi yang diberikan. Sebagai guru yang professional, perlu mengintropeksi diri sendiri, karena bisa jadi ketidakpahaman siswa disebabkan oleh factor guru, misalnya cara mengajar guru ynag kurang tepat terhadap materi pelajaran. Untuk itu guru juga perlu menghadirkan inovasi-inovasi baru misalnya menggunakan pola mengajar yang beragam dan tepat dalam materi pembelajaran, sehingga siswa bisa lebih mudah memahami pelajaran. Selain itu, guru juga terus berupaya meningkatkan kompetensinya. Menurutnya, hal yang dibutuhkan oleh guru kedepannya ialah dengan meningkatkan kompetensi diri, serta penguasaan terhadap materi. penguasaan yang baik terhadap materi merupakan hal yang sangat penting dalam mengajar. Karena orang yang mengajar tentu harus memahami materi yang diajarkan. Penguasaan materi juga akan membuat seorang guru memiliki berbagi trik untuk menyampaikan pelajaran. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kompetensinya sehingga menjadi guru yang professional, misalnya dengan rajin membaca dan mengikuti berbagai acara pendidikan serta guru perlu berpikir positif terhadap pembelajaran. Jadi, didalam pembelajaran baik siswa, guru, sistem dan cara mengajar memiliki kontribusi dalam suksesnya pembelajaran. Semua komponen itu harus berjalan dengan baik sehingga menghasilkan pembelajaran yang baik pula.

Forum Group Discussion.pdf

There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. Main menu.

13KB Sizes 11 Downloads 229 Views

Recommend Documents

FORUM GROUP DISSCUSSION 2.pdf
FORUM GROUP DISSCUSSION 2.pdf. FORUM GROUP DISSCUSSION 2.pdf. Open. Extract. Open with. Sign In. Main menu. Displaying FORUM GROUP ...

FORUM GROUP DISSCUSSION 2.pdf
There was a problem previewing this document. Retrying... Download. Connect more apps... Try one of the apps below to open or edit this item. FORUM GROUP ...

Conservative Lead Grows - The Forum Poll - Forum Research
May 17, 2018 - going into the summer break,” said Dr. Lorne Bozinoff, President of Forum ... reached at [email protected] or at (416) 960-9603.

Conservative Lead Grows - The Forum Poll - Forum Research
May 17, 2018 - (approve minus disapprove) is -8. “The Conservatives have strengthened their lead over the governing Liberals going into the summer break,” ...

Asian Youth Forum (AYF 13)
Feb 2, 2015 - AYF Chair: Kip Cates (Tottori University, Japan) Host Organization: Thai ... For more information on AYF 13 or to apply, go to our website and ...

Forum April REV - Widener University
and EJ have very real applications. Our perception is that this is not the case for most ecologists. In fact, the ..... healthy ecosystems and the services they provide, so rec- onciling these two often conflicting aims is imperative. It ..... Modern

8th Annual BIO Investor Forum
www.bio.org/bioceo. New York, NY. - 1 - [email protected]. Monday. Feb 10, 2014 ... Welcome Reception (Empire Room). Legend. Blue: Private Company.

NEC Forum
7. http://www.who.int/genomics/elsi/elsiatwho/en/index.html#gd. 8. Tutton R, Person, property and gift, in Genetic Databases, Routledge, London, pp 19, 2004. 9. http://www.bristol.ac.uk/Depts/Ethics/CEM/epeg_interim_reprt.htm (2001). 10. Neale B, Chi

young scholar forum - WMO
Jul 31, 2012 - social and cultural identities. ... held on 10-12 December in Nicosia. ... stimulate scientific exchanges, cooperation and social networking ...

Human Rights Forum - MOBILPASAR.COM
KARIMNAGAR. President. General Secretary. V. Sudhakar Reddy, Advocate. Flat No.102, SRR Enclave. 2-10-1089, Jyothinagar, Karimnagar. Ph: 0878 - 224577. Mob: 9949210801. Md. Anwar. D.No.1030, Jawaharnagar. Godavarikhani, Karimnagar. Mob: 9247822615. G

young scholar forum - WMO
Jul 31, 2012 - A new European-MENA partnership on science and technology ... consultation on career options for MENA researchers who would like to enrol ...

forum geom
Apr 30, 2002 - The triangles FMO1 and F QF are similar since ZFMO1 = ZF QF and. ZFO1M = ZFF Q. 3 It follows that. O1M. O1F. = F Q. F F. = λ, and O1M = R1. The circle through M with center O1 is one in the family of circle for which we search the env

Flow Forum intro.pdf
what we are doing. Every action. leads fluidly to the next. Our sense. of self recedes or disappears. Time. flies, and performance, fulfillment,. and happiness increase radically. If you've ever been 'in the zone',. or had a runners high,. you've bee

Forum April REV - Widener University
Despite the lack of success in mobilizing support from the predominately white, mainstream protection- and conservation-oriented .... ocean near Los Angeles. Popular subsistence and recre- ational fish continue to be ... improve the long-term profita

sme ceo forum -
Head of Travel for Google Southeast Asia, where he looked after the growth of Google's online advertising business in the travel sector for the region.Before Google, Sajith was the Director of Market Development and Consumer Insights at Affle UK Ltd.

23 May 2014 - Forwarder Forum
May 23, 2014 - send your enquiries to customs [email protected]. Yours faithfully ... Means of transport and route (as tar as known) 5 4 For Olfioiei Uee.

Forum 2016 Article.pdf
Waldron and gained insights from professional lobbyist Jamie Wilkinson on. influencing via the digital media platform. The power of community landcare and ...

Download File - Internet Governance Forum
Jun 24, 2017 - It has been an integral part of Asia Pacific Regional Internet Governance Forum (APrIGF) since its inception in 2010. YIGF 2017 will be held in ...

Forum Agenda_20150903.pdf
VENUE: Willow Street Pump Station, University of Houston-Downtown. 811 San Jacinto Street, Houston, Texas 77002. AGENDA: 09:00AM Registration.

wimax forum pdf
File: Wimax forum pdf. Download now. Click here if your download doesn't start automatically. Page 1 of 1. wimax forum pdf. wimax forum pdf. Open. Extract.

Powered by Educational Forum * www.ednforum.in
Dec 2, 2012 - Illdepartment has issued a clarification on the orders of G.O.Ms.No.'35 Education [services -l| department dt.27.05/2005 with regard to second ...

Forum Agenda_20150903.pdf
Taipei Economic and Cultural Office in Houston. Email: [email protected]. Telephone: 713-871-0851. Cell phone: 713-504-6060. Hsiao-Ming Wang.