FORUM GROUP DISSCUSSION BERSAMA GURU MATEMATIKA SMP Tempat
: Via Whatsapp (Online)
Waktu
: Sabtu, 10 Juni 2017
Tema
: Inovasi Pendidikan Matematika
Sub tema
: Inovasi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah
Narasumber
: Reni Rahmi, S.Pd.
Instansi
: SMP IT Insan Utama 2 Pekanbaru
Isi
: Berbicara tentang pendidikan, salah satu faktor penting di dalamnya
adalah pembelajaran. Menurut Pasal 1 butir 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Matematika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Jadi pembelajaran matematika adalah suatu proses interaksi antara pendidik dan peserta didik mengenai bilangan, hubungan dan operasionalnya di dalam menyelesaikan suatu permasalah mengenai bilangan tersebut. Pembelajaran matematika adalah segala kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa terkait dengan bidang matematika merupakan pembelajaran yang memiliki tantangan tersendiri, baik bagi guru maupun murid. Pada dasarnya pembelajaran matematika menduduki peranan yang sangat penting, karena matematika adalah ilmu yang mendidik manusia untuk berfikir logis, teoritis, rasional dan percaya diri, sehingga matematika menjadi dasar dari ilmu pengetahuan yang lain. Namun dalam penerapannya, terdapat banyak perbedaan kondisi pembelajaran matematika di sekolah, baik itu di SMP maupun SMA. Perbedaan kondisi tersebut bisa berbentuk kesulitan dalam penyampaian pembelajaran, pemikiran negatif siswa maupun guru tentang pembelajaran matematika, serta kurangnya inovasi dalam menjalankan pembelajaran matematika.
Berdasarkan wawancara online yang dilakukan kepada narasumber, ada beberapa hal yang bisa dipaparkan mengenai pembelajaran matematika di sekolah, khususnya SMP IT Insan Utama 2 Pekanbaru dan juga inovasi pendidikan matematika yang diterapkan di sekolah tersebut. Sebelum membahas tentang inovasi, kita harus mengetahui dulu kondisi pembelajaran di sekolah, bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran matematika, dan bagaimana proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan di dalam kelas. Proses pembelajaran matematika di dalam kelas yang di ajar oleh narasumber berjalan seperti pembelajaran pada umumnya, namun sebagian besar siswa masih memiliki pemikiran bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit. Jika melihat dari pemikiran dan tanggapan siswa tersebut, sebagai seorang guru ada hal-hal yang harus dilakukan seorang guru terkait pembelajaran matematika,
diantaranya
adalah
menciptakan
suasana
belajar
yang
menyenangkan, tidak monoton, menjadikan pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang bermakna, serta berusaha menjadi pribadi guru yang profesional dan disenangi siswa. Menjadikan pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang bermakna dapat dilakukan dengan cara mengaitkannya dengan kehidupan seharihari. Sehingga siswa berfikir bahwa matematika sangat penting dalam kehidupan mereka. Sedangkan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang tidak monoton, bisa dilakukan dengan cara mengubah diri menjadi guru yang menyenangkan terlebih dahulu. Kesan guru yang menyenangkan akan membuat siswa rileks dan tidak kaku. Guru sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Walaupun siswa masih belum menyukai matematika, namun jangan sampai siswa juga tidak menyukai gurunya. Menjadi guru yang menyenangkan untuk siswa butuh proses yang banyak dan usaha yang cukup berat. Namun usaha tersebut akan terasa ringan apabila melihat hal-hal positif yang terjadi di kelas selama pembelajaran, misalnya siswa mulai belajar matematika dengan semangat, mulai belajar berpikir keras dan bernalar dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika.
Dalam pembelajaran matematika dibutuhkan inovasi-inovasi untuk menunjang pembelajaran. Inovasi tersebut berarti pembelajaran yang baru. Inovasi yang dilakukan haruslah menarik dan menghindari pembelajaran dengan cara yang lama. Salah satu contohnya adalah dengan menghubungkan teknologi dengan pembelajaran. Dalam rangka menjadi guru yang profesional, yang harus diingat dan dilakukan adalah melahirkan inovasi yang mampu membuat siswa semangat dalam belajar, dilanjutkan dengan memakai metode dan strategi pembelajaran baru yang sesuai dengan kondisi siswa yang dihadapi. Tidak lupa dikaitkan dengan sarana dan prasarana pembelajaran yang baik. Agar siswa menjadi semangat dan dengan yakin mengatakan bahwa matematika itu tidak sulit, tetapi menyenangkan.